Next Destination –> Kampung Sampireun

Kampung Sampireun

Indonesia punya banyak tempat yang indah dan banyak dari kita belum tau.  Sekarang giliran Kampung Sampireun yang mau eyke review.. the best place for refreshing.

Kampung Sampireun sebuah resort yang terletak di Desa Sukakarya, Samarang Garut. Kampung Sampireun sendiri diambil dari nama Situ (Danau) Sampireun (dalam bahasa Indonesia berarti Tempat Singgah). Danau ini memiliki sumber mata air yang cukup besar yang masih dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk mengairi sawah-sawah. Di salah satu sudut masih dipertahankan kebun bambu yang menambah nuansa sejuk dan tenang dengan suara gemerisiknya, tanaman Pinus yang rindang dan sudut-sudut lainnya ditata dengan yang asri dengan tema “Tropical Gardenlust”. Dengan temperatur yang sangat sejuk antara 12°C-18.°C, dan konsep  yang   unik  yaitu “Back To Nature”  Kampung Sampireun menjadi tempat favorit bagi mereka yang berbulan madu dan untuk meluangkan akhir pekan bagi pribadi-pribadi yang membutuhkan istirahat dari rutinitas sehari-hari di kota besar.

Setiap akhir pekan resor tempat para tamu melepas lelah seluas sekitar empat hektar ini nyaris selalu terisi penuh. Namun , di hari biasa hanya beberapa tamu saja yang singgah di sini Beragam keindahan khas Kampung Sampireun dapat dinikmati berbeda baik pada saat siang dan maupun malam. Saat malam tiba resort ini menyajikan hamparan pemandangan tersendiri bagi mereka yang berada di sana, seperti saat riak-riak permukaan air danau yang berkilau ketika ditimpa cahaya bulan sehingga lintas tipis sinar bertranslansi menjadi sebuah genangan terang di atas permukaan danau.

Suasana Malam

Kampung Sampireun memiliki luas area ± 5,5 hektar termasuk luas Situ Sampireun (1,5 Hektar) dengan mata 7 mata airnya. Di sini ada 13 kamar, terdiri dari tujuh kamar Kalapalua Suite, empat kamar Kurjati Suite, sebuah kamar Waluran Suite dan satu kamar Malajang. Masing-masing memiliki tata ruang yang menyajikan nuansa pedesaan Bumi Parahyangan Klik disini untuk liat Foto2 Room-nya, selain itu Kampung Sampireun memiliki fasilitas : “Seruling Bambu Restaurant”, “Bale Putri Amantie Multifunction Room ”“Waroeng Kopi”  ala kampung sebagai tempat interaksi Warga Kampung (Tamu dan Karyawan), tradisional Meeting Room  “Kiara Payung Meeting Room” yang menampung hingga 30 orang, “Taman Sanghyang Dayu” yang dapat dipergunakan sebagai tempat “Dinner Party “, Kolam Renang dan “Taman Sari Royal Heritage Spa”  yang berdiri pada tahun 2003, Peresmian pembukaan Spa tersebut dilakukan oleh Amelia Vega, Miss Universe 2003. Serta fasilitas “ Children Playground “

TAMAN SARI ROYAL HERITAGE SPA

Salah satu fasilitas di resort ini adalah Taman Sari Royal Heritage SPA. SPA ini memiliki 2 Villa, 2 ruangan standard, 5 therapist, 1 ruang meditasi, 1 ruangan body sauna, jamu bar dan juga kolam renang mini. Diberikan 30% diskon untuk semua treatment bagi mereka yang bermalam di Kampung Sampireun (Kecuali sauna dan special promo).

Pengunjung
T amu yang datang menginap di Kampung Sampireun 90% berasal dari Jakarta, dan sisanya berasal dari Bandung dan Bogor, sedangkan wisawatan mancanegara yang datang kebanyakan berasal dari Belanda

Aksesibilitas
Untuk menuju ke lokasi Kampung Sampireun menggunakan jalan darat. Waktu yang dapat ditempuh untuk menuju ke sana kurang lebih 2 jam (dari Bandung) dan kurang lebih 4 jam (dari Jakarta) jika menggunakan kendaraan Pribadi. Bagi pengunjung yang malas menyetir sendiri, Kampung Sampireun juga menyediakan fasilitas penjemputan baik di Jakarta (charge-nya Rp. 1.500.000,-/return) maupun di Bandung (charge-nya Rp. 800.000,-/return) dan bagi pengunjung yang tidak memiliki kendaraan pribadi, dapat menggunakan kendaraan umum.
Untuk rute pengunjung yang menggunakan kendaraan umum sebagai berikut :

  1. Ambil jurusan bus dari Jakarta (Kp. Rambutan / Lb. Bulus ) / Bandung (Cicaheum dan  (Patas) / Lw. Panjang  dan  (Patas) ) menuju Garut sampai ke terminal Guntur Garut.
  2. Dari terminal Guntur Garut dapat menggunakan angkutan kota (angkot 06) jurusan Samarang-Garut dan turun di pertigaan Pamulihan
  3. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan angkutan pedesaan menuju ke desa Suka Karya dan turun di depan gapura Kampung Sampireun

Di pagi hari, Anda bisa menikmati penganan tradisional Sunda yang dijajakan dari perahu oleh pengelola kampung. Ada combro dan berbagai jajanan khas kampung lainnya. Setelah perut kenyang, Anda bisa berjalan kaki mengitari perumahan penduduk. Atau menyusuri hutan dan gunung dengan sepeda. Anda juga bisa menikmati pemandangan dengan berkuda atau arung jeram.

Kampung Sampireun dengan segala kesederhanaan yang ditawarkan justru berbalik memberikan rasa damai dan tenang yang bagi para pengunjungnya merupakan sebuah perwujudan emosi yang terbilang mahal di tengah hiruk pikuk berbagai macam bentuk aktifitas khas perkotaan yang kerap menyita banyak waktu pelakunya.

end of review

This slideshow requires JavaScript.

sumber 1  sumber 2 sumber 3


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s