Rel Kereta Bawah Tanah Ekstrem

Wuih hari ini dibuat kaget sama mba eka (temen kantor) yang bilang ada terowongan bawah tanah untuk kreta api di swiss, taken from majalah national geographic. Dari situ saya penasaran banget banget pingin tau.. aura keppo pun merasuk ke seluruh bodi dan terkuaklah berita ini.. yg mulanya di cari dari mbah gugel.. tapi akhirnya.. ngetik sedikit aja deh dari majalah itchu.. cekidot

REL KERETA BAWAH TANAH EKSTREM

Terowongan Dasar Gotthard di Swiss yang mirip laras senapan memungkinkan kereta melesat antara Zurich dan Milan di jalur datar dengan kecepatan 250km/jam.

Dua kilometer nun di bawah pegunungan Alpen, para pekerja berpacu menembus terowongan kereta terpanjang dan terdalam di dunia.

Oktober lalu, para penambang yang menggali terowongan ke utara dari negara bagian Ticino yang berbahasa Italia bertemu rekan2 mereka yang menggali ke selatan dari Sedrun yang berbahasa Jerman, mengakhiri tahap penggalian satu lorong dari terowongan berlorong dua ini- momen bersejarah yang disiarkan secara langsung di Swiss TV dan dipancarkan ke seluruh Eropa. Terobosan akhir di lorong satunya diharapkan terjadi pada April.

Dengan panjang 57km, terowongan dasar Gottard dengan mudah mengalahkanTerowongan Channel sepanjang 50km antara Inggris dan Prancis, dan pemegang rekor saat ini, Terowongan Seikan sepanjang 54km di Jepang. Tembusan ini juga unik dalam bidang rekayasa. Sementara kedua pesaing terdekatnya membentang di bawah perairan yang relatif dangkal, Terowongan Gotthard menembus batuan dasar yang rumit di pegunungan raksasa yang berlipat2. Belum pernah ada yang membuat terowongan begitu jauh ke dalam gunung, atau menimbulkan efek perubahan begitu dahsyat.

Saat dibuka kelak 2017, terowongan itu akan menjadikan Swiss, dalam hal berkereta sedatar Belanda. Kereta penumpang kecepatan tinggi dari Zurich akan berpacu ke selatan di rel yang hampir datar ke Milan, melaju di tengah pedesaan Swiss dengan kecepatan 250km/jam, melesat masuk ke sisi gunung dan muncul di sisi seberang beberapa menit kemudian. Seolah- olah pegunungan ALpen tidak ada. Waktu perjalanan antar kota akan turun hampir 4 jam menjadi 2 setengah jam – lebih cepat dan lebih langsung dari pada naik pesawat.

Namun bangsa Swiss tidaklah mengeluarkan 10Miliar Dollar (sekitar Rp. 90 Triliun), biaya terowongan ini  untuk mengalahkan maskapai penerbangan, mereka melakukannya untuk mengalihkan angkutan barang, dan membatasi lonjakan jumlah truk yang menyumbat jalan tol dan menggemuruh di halaman belakang Alpen mereka yang rapuh.

Setelah rampung, proyek ini akan mencakup hampir 40km terowongan, sumuran, dan galeri, selain terowongan utara- selatan utama sepanjang 57km. Dua stasiun terbesar di Faido dan Sedrun (ditampilkan disini) akan memungkinkan evakuasi dan pergantian rel darurat, ratusan meter di bawah permukaan.

~~~

sebenernya beritanya masih panjang banget cuma diambil intinya aja.. betapa gw salut sama yang namanya teknologi.. sampe sekarang masih bingung gimana caranya mereka bisa buat itu haa?? masih mikir..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s